Teks Eksposisi Tentang Kondisi Jalan Di Bandung Barat

Assalamualaikum Di sini saya akan membahas tentang kondisi jalan di Bandung Barat.  Dan saya sekalian mengerjakan tugas B.Indonesia tentang teks eksposisi, semoga yang berkunjung di blog ini dapat memahami apa itu teks eksposisi.
Pengertian
Teks eksposisi adalah salah satu jenis pengembangan paragraf dalam penulisan yang dimana isinya ditulis dengan tujuan untuk menjelaskan atau memberikan pengertian dengan gaya penulisan yang singkat, akurat, dan padat.

Struktur Dari Teks Eksposisi :
1. Pernyataan pendapat (tesis) : Berisikan gagasan utama atau prediksi penulis tentang sebuah permasalahan yang berdasarkan fakta.
2. Argumentasi : Menjelaskan secara lebih mendalam pernyataan pendapat (tesis) yang diyakini kebenarannya oleh penulis melalui pengungkapan fakta-fakta sebagai penjelasan argumen penulis.
3. Penegasan Ulang Pendapat : Berupa penguatan kembali atas pendapat yang telah ditunjang oleh fakta-fakta dalam bagian argumentasi bagian pertama.

Tesis
Kondisi infrastrukur di antaranya jalan di wilayah Pemkab Bandung Barat (KBB) sungguh memprihatikan. Seperti ruas jalan di Kecamatan Batujajar, tepatnya di Jalan Raya Sinarmukti, Desa Selacau.
argumentasi 

Kondisi jalan utama yang menghubungkan Kecamatan Cililin dan Kecamatan Batujajar ini, terlihat bergelombang dan banyak lubang yang cukup dalam. Bahkan,  pada beberapa titik terjadi tanah amblas. Belum lagi ruas jalan yang relatif sempit dan licin dikala hujan. Dengan kondisi seperti ini, pengendara yang mau melintas harus ekstra hati-hati. Diperoleh keterangan di lokasi, setiap harinya di jalan itu ada saja kedapatan pengendara yang jatuh saat menghindari jalan rusak, terutama saat berpapasan dengan pengendara lain dari arah berlawanan. Ujar Uda salah seorang warga yang kebetulan rumahnya berada di sekitaran jalan tersebut.”Kadang ada saja pengendara yang jatuh,” 

Penegasan Ulang
Bila musim hujan seperti yang terjadi akhir-akhir ini mengakibatkan di sepanjang jalan itu menjadi becek. Sebaliknya, jika musim kemarau situasinya berubah berdebu. Situasi seperti ini, tentu menjadi tidak mengenakan kepada penduduk sekitar maupun terhadap para pengguna jalan yang melintas. Seharusnya pemerintah tanggap dan peka terhadap kondisi ini.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sejarah Gundam

Contoh Teks Negosiasi & Strukturnya